Di tengah pandemi COVID-19 ini, banyak kerugian yang kita saksikan sehari-hari. Ekonomi menjadi lesu. Banyak yang secara finasial terdampak akibat merebaknya coronavirus ini.

Nggak bisa dihindari sih, memang akan ada banyak efek buruk yang terjadi akibat pandemi ini. 

Kalau kamu sendiri sebagai pelaku bisnis online, apakah kamu merasakan efek buruknya? Apakah penjualan jadi menurun semenjak COVID-19 mulai masuk ke Indonesia?

Aapapun dampaknya, sebetulnya kita tidak boleh berpangku tangan dan berputus asa. Pasti akan selalu ada kebaikan dalam setiap keburukan.

Dengan maraknya pemberitaan soal coronavirus, kamu bisa menjadikannya sebagai konten. Konten yang sedang viral sudah pasti akan menguntungkan.

Gimana caranya? 

Cobalah untuk membagikan cerita yang lebih personal. Bagikan kisah bisnismu semenjak pandemi COVID-19 merebak.

Ajaklah para audiensmu bahwa cara yang paling baik untuk bisa bertahan di tengah kesulitan ini adalah dengan saling tolong-menolong.

Buat Konten Edukasi Sosial

Dengan banyaknya follower yang kami miliki, inilah saatnya bagi kamu ikut berkontribusi untuk ikut memotong rantai penyebaran dan penularan virus.

Misalnya Kamu bisa menginspirasi audiens untuk sering-sering mencuci tangan, menjaga social distanching, dan memotivasi audiens untuk tetap #dirumahaja.

Bagikan juga tips-tips biar nggak bosen. Sekarang ini adalah saat yang paling tepat untuk bikin konten yang menginspirasi banyak orang. 

Gunakan hashtag #DiRumahAja.

Konten Motivasi

Membagikan quotes motivasi atau yang membangkitkan semangat sekarang ini sangat dibutuhkan.

Di tengah pandemi ini, setiap saat tampanya orang butuh penyemangat. Banyak yang sudah cukup takut dengan berbagai berita buruk terkait penyebaran COVID-19. Kamu bisa posting penangkalnya.

Konten Humor

Sama seperti penjelasan di atas, sekarang ini kita sedang butuh banget penyeimbang dari berbagai berita buruk yang ada di media. Kamu bisa menyelipkan konten humor di dalam feed-mu.

Kamu bisa unggah meme, video klip lucu, atau kartun-kartun humor. Sebisa mungkin konten tersebut harus berhubungan dengan brand-mu ya.

Satu hal penting: jangan membagikan humor SARA atau yang mengandung konten sensitif. 

Tanya ke Audiens

Selain bisa meningkatkan engagement, cara ini juga bikin kamu nggak perlu pusing putar otak milih-milih konten untuk diunggah.

Tanyakan pada mereka tipe konten seperti apa yang mereka nantikan darimu.

Kamu bisa menggunakan fitur stiker question di story, atau menggunakan post biasa di feed dan minta followers-mu menanggapi via kolom komen. 

Konsisten Dengan Niche-mu

Bagus jika kamu memposting konten sosial seperti contoh di atas, tapi jangan lupakan niche aslimu.

Sebisa mungkin, tetap unggah konten produk atau jasa yang kamu tawarkan sambil di sisi lain juga fokus pada keadaan global saat ini. 

Contohnya nih, kalau kamu seorang instruktur fitness, kamu bisa membagikan beberapa tips olahraga di rumah. Bahkan meskipun kamu biasanya fokus pada olahraga di luar ruangan. Ini bisa sangat membantu para followers. 

Ingat: followers-mu itu mengikuti untuk sebuah alasan. Mereka menginginkan konten mu.

Maka dari itu, tetap konsisten posting konten yang sesuai dengan niche-mu setiap hari.

Kamu bisa gunakan Software Virol untuk menjadwalkan konten Instagram mu setiap harinya. Klik link di bawah ini untuk info lengkapnya

👉 https://virol.co

Author

Copywiter & Social Media Manager

Write A Comment